![]() | |
Laki-laki berkalung |
Assalamu'alaikum, Maaf, mau tanya, kalau
laki'' memakai kalung hukumnya apa ?? Kalung emas / kalung perak / kalung
mainan / bahkan kalung dari stainlees steel, menurut pandangan islam bagaimana
??
JAWABAN :
Wa'alaikumsalam.
Diperbolehkan dengan catatan :
1. Bukan terbuat dari bahan emas atau perak
menurut mayoritas ulama sedangkan al-Mutawally dan al-Ghozaly memperbolehkan
kalung dari bahan perak bagi laki-laki
2. Bukan tergolong perhiasan yang khusus
dipakai oleh wanita
قال أصحابنا يجوز للرجل خاتم الفضة بالاجماع
وأما ما سواه من حلي الفضة كالسوار والمدملج والطوق ونحوها فقطع الجمهور بتحريمها وقال
المتولي والغزالي في الفتاوى يجوز لانه لم يثبت في الفضة الا تحريم الاواني وتحريم
التشبه بالنساء والصحيح الاول لان في هذا تشبها بالنساء وهو حرام
Berkata Para Pengikut Madzhab Suafi’i “Boleh
bagi laki-laki memakai cincin perak dengan kesepakatan ulama sedang untuk
perhiasan lainnya semacam gelang tangan, gelang lengan, kalung dsb menurut
mayoritas ulama mengharamkannya.
Berkata al-Mutawally dan al-Ghozali “Boleh
memakai perhiasan-perhiasan diatas yang terbuat dari perak karena yang
diharamkan dalam barang yang terbuat dari perak sebatas barang-barang perkakas
dan adanya unsure penyerupaan dengan wanita”. Namun yang shahih adalah pendapat
pertama karena dalam masalah ini terjadi penyerupaan dengan wanita yang
diharamkan. [ Al-Majmu’ alaa Syarh al-Muhadzdzab IV/444 ].
يجوز للرجل التختم بالفضة لما روى أنه
(اتخذ خاتما من فضة) وهل له لبس ما سوى الخاتم من حلي الفضة كالسوار والدملج والطوق
لفظ الكتاب يقتضي المنع حيث قال ولا يحل للرجال إلا التختم به وبه قال الجمهور وقال
ابو سعيد المتولي إذا جاز التختم بالفضة فلا فرق بين الاصابع وسائر الاعضاء كحلي الذهب
في حق النساء فيجوز له لبس الدملج في العضد والطوق في العنق والسوار في اليد وغيرها
وبهذا أجاب المصنف في الفتاوى وقال لم يثبت في الفضة إلا تحريم الاواني وتحريم التحلي
علي وجه يتضمن التشبه بالنساء –إلى أن قال- ويحرم علي النساء تحلية آلات الحرب بالذهب
والفضة جميعا لان في استعمالهن لها تشبها بالرجال وليس لهن التشبه بالرجال هكذا ذكره
الجمهور واعترض عليه صاحب المعتمد بأن آلات الحرب من غير ان تكون محلاة إما ان يجوز
للنساء لبسها واستعمالها أو لا يجوز (والثانى) باطل لان كونه من ملابس الرجال لا يقتضى
التحريم إنما يقتضي الكراهة ألا ترى انه قال في الام ولا اكره للرجل لبس اللؤلؤ إلا
للادب وانه من زى النساء لا للتحريم فلم يحرم زى النساء علي الرجال وإنما كرهه فكذلك
حكم العكس
Boleh bagi laki-laki memakai cincin perak
karena diriwayatkan bahwa baginda nabi memakai cincin dari perak, bolehkah
baginya memakai perhiasan selain cincin semacam gelang tangan, gelang lengan,
kalung dsb yang terbuat dari perak ? Redaksi Kitab mengarah pada tidak bolehnya
seperti ungkapan Pengarang “Dan tidak boleh bagi laki-laki kecuali perhiasan
cincin dari perak” Dan yang demikian juga pendapat mayoritas Ulama namun Abu
Sa’id al-Mutawally menyatakan “Bila memakai cincin perak dihalalkan maka tidak
dibedakan kehalalan memakainya baik terpakai dijemari atau anggauta tubuh
lainnya sebagaimana kelegalan perhiasan emas bagi wanita, maka boleh bagi
laki-laki memakai gelang lengan, kalung dileher, gelang ditangan dsb” dst…….. [
Syarh al-Wajiiz VI/28 ].
(مسألة: ي): ضابط التشبه المحرم من تشبه الرجال بالنساء وعكسه ما ذكروه
في الفتح والتحفة والإمداد وشن الغارة، وتبعه الرملي في النهاية هو أن يتزيا أحدهما
بما يختص بالآخر، أو يغلب اختصاصه به في ذلك المحل الذي هما فيه.
Batasan penyerupaan yang di haramkan pada
kasus penyerupaan orang laki-laki pada perempuan dan sebaliknya adalah apa yang
diterangkan oleh Ulama Fiqh dalam kitab Fath aljawaad, Tuhfah, Imdaad dan kitab
syun alghooroh. Imam Romli juga mengikutinya dalam kitab Annihaayah, Batasannya
adalah : "Bila salah satu dari lelaki atau wanita tersebut berhias memakai
barang yang dikhususkan untuk lainnya atau pakaian yang jamak di gunakan pada
tempat tinggal lelaki dan wanita tersebut". [ Bughyah Almustarsyidiin 604
].
Wallaahu A'lamu Bis Showaab
Tidak ada komentar:
Posting Komentar